BUPATI DAN KETUA DEWAN ZIARAH KE MAKAM DEMANG WONOPAWIRO

totok widaryanto 08 Mei 2018 21:45:02 WIB

Bupati Gunungkidul beserta jajaran dan Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul melakukan ziarah ke Makam Demang Wonopawiro di Desa Piyaman Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul pada hari Selasa Pon tanggal 08 Agustus 2018. Rombongan tiba di lokasi Makam pukul 13.00 WIB disambut oleh Putro Wayah Trah Demang Wonopawiro, Bregodo Kademangan Wonopawiro, Muspika Kecamatan Wonosari, Perangkat Desa Piyaman, Lembaga Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa Piyaman, tamu undangan serta warga masyarakat.

Acara ziarah dimulai dengan sambutan dari wakil keluarga trah Demang Wonopawiro yang diwakili oleh Bapak Sumediyono, ST. "Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga dari keluarga trah Demang Wonopawiro dan masyarakat Desa Piyaman atas kunjungan Bupati Gunungkidul untuk yang kedua kalinya secara berturut - turut dalam dua tahun terakhir ini sebagai Rangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul, beliau juga menyampaikan harapan agar kunjungan ziarah ini terus berlanjut untuk tahun - tahun berikutnya dan juga menyampaikan harapan agar Pasar Desa Piyaman yang berada disebelah selatan Makam Demang Wonopawiro mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul karena Pasar Desa ini termasuk Cagar Budaya di Kabupaten Gunungkidul mengingat usianya yang sudah 200 tahun lebih sejak jaman Demang Wonopawiro dan sejajar dengan Pasar Seneng yang sekarang sudah tidak ada".

Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul "Dalam sambutannya Bapak Suharno menyampaikan bahwa Demang Wonopawiro sangat berjasa kepada Kabupaten Gunungkidul karena atas keberanian beliau untuk melakukan babat alas Nongko Doyong yang saat itu dikenal sebagai alas yang angker dan dikenal cukup gawat, karena bagi siapapun yang berani menginjakkan kaki di alas Nongko Doyong akan menemui ajalnya, namun tidak bagi Demang Wonopawiro yang dibantu kakaknya Mbok Niti Sari berhasil menaklukkan Nyai Gadung Melati yang merupakan pimpinan Jin penunggu alas Nongko Doyong. Sehingga atas jasa - jasanya yang begitu besar bagi Kabupaten Gunungkidul maka sangat pantas jika Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melakukan ziarah ke Makam Demang Wonopawiro sebagai rangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul. Karena jasanya pulalah nama mereka diabadikan sebagai nama Kota Wonosari yang merupakan gabungan nama dari "Wono" = Wono Pawiro dan "Sari" = Niti Sari. Acara ziarah ini terjadi sejak yang menjabat Bupati adalah Ibu H. Badingah S.Sos. dan merupakan dorongan dari Ketua DPRD. untuk tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah menganggarkan untuk pembebasan lahan disebelah utara makam Demang Wonopawiro sebagai area Parkir dan mendorong juga untuk pengembangan Pasar Desa Piyaman yang merupakan pasar tertua di Kecamatan Wonosari dan bersejarah".

Rangkaian acara di tutup dengan do'a yang dipimpin oleh Kepala KUA Kecamatan Wonosari dan dilanjutkan dengan ziarah ke Makam Demang Wonopawiro.

Komentar atas BUPATI DAN KETUA DEWAN ZIARAH KE MAKAM DEMANG WONOPAWIRO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Piyaman

tampilkan dalam peta lebih besar